Apa Fungsi Utama CPU?

By Teknologi

CPU, atau Unit pemroses sentral, adalah jantung dan otak setiap komputer. Banyak dari kita tidak tahu betapa pentingnya unit ini adalah untuk kinerja komputer. Berapa banyak dari Anda bertanya-tanya tentang fungsi dasar dari CPU? Artikel ini akan menjawab pertanyaan itu, ditambah lain termasuk:

Mengapa hal ini penting untuk memiliki sistem pendingin yang baik untuk menjaga CPU pada suhu yang tepat.
Mengapa hal ini begitu penting untuk menjaga CPU dari overheating.
Istilah Umum CPU 
CPU
Unit pemroses sentral, atau jantung dan otak komputer.
Binary Code
Urutan yang dan nol, atau dalam bahasa ke dalam CPU Anda diterjemahkan semua data.
ALU
Unit Logis aritmetik, bertanggung jawab untuk semua operasi matematika dan Logis
Program Counter
Trek yang petunjuk CPU harus menjalankan berikutnya ketika pengolahan data.
One hertz
Kecepatan di mana satu operasi dilakukan per detik.
Multi-core processor
CPU dengan dua atau lebih independen Core, sehingga ia bisa melakukan lebih dari satu hal sekaligus.

Otak komputer

Seperti yang saya sebutkan, CPU mirip dengan otak manusia. Setiap operasional yang Anda lakukan dengan komputer Anda diproses dalam CPU. Kinerja komputer Anda didasarkan pada operasi matematika sederhana dan CPU adalah perangkat yang mengontrol semua operasi mereka.

Katakanlah kami menggunakan kalkulator untuk menambahkan dua angka. Anda memasukkan angka-angka yang menggunakan keyboard Anda. Keyboard controller ternyata semua informasi yang ke kode biner. Kode biner terdiri dari urutan 0 dan 1. Informasi ini adalah ini dikirim ke registri dan kemudian ditransfer ke CPU. CPU memiliki ALU terpadu (Unit Logis aritmetik). ALU bertanggung jawab untuk semua operasi matematika dan logis.

Permintaan Anda untuk menambahkan dua angka datang ke CPU dan ditransfer ke ALU. ALU menambah Bilangan Biner dan mengembalikan jawaban CPU, yang transfer jawaban untuk perangkat output.

Menambahkan nomor dua adalah contoh yang sangat sederhana, tetapi itu menggambarkan fungsi dasar dari CPU. Setiap satu langkah yang Anda lakukan pada komputer Anda adalah dalam satu cara atau lain terhubung ke unit ini tengah, sehingga sangat penting untuk menjaga prosesor Anda dalam bentuk yang baik. Terlalu panas, terutama, dapat menyebabkan CPU Anda gagal.

Empat fungsi utama CPU

1.Fetch setiap instruksi disimpan dalam memori dan memiliki alamat sendiri. Prosesor mengambil jumlah alamat ini dari program penghitung, yang bertanggung jawab untuk pelacakan yang petunjuk CPU harus mengeksekusi berikutnya.
2.Decode semua program akan dijalankan juga diterjemahkan ke Majelis instruksi. Kode assembly menjadi kode harus diterjemahkan ke dalam petunjuk biner, yang dapat dimengerti untuk CPU Anda. Langkah ini disebut decoding.
3.Execute Saat menjalankan instruksi CPU dapat melakukan salah satu dari tiga hal: melakukan perhitungan dengan ALU nya, memindahkan data dari lokasi memori satu sama lain, atau melompat ke alamat yang berbeda.

4.Store CPU harus memberikan umpan balik setelah mengeksekusi instruksi dan output data ditulis ke memori.

Jumlah operasi CPU dapat melakukan tergantung pada kecepatan yang diukur dalam satuan Hertz. Satu hertz adalah kecepatan selama satu operasi dilakukan dalam satu detik. Kecepatan komputer biasanya diukur dalam satuan hertz giga. 1 GHz adalah kecepatan yang dibutuhkan CPU untuk melakukan tugas-tugas sederhana satu juta. “Tugas sederhana” mencakup langkah-langkah terkecil prosesor yang dapat melakukan.

Biasanya prosesor memahami dan melakukan Majelis instruksi yang berlangsung empat siklus. Semakin cepat CPU Anda, petunjuk lain itu dapat melakukan dalam satu detik, tapi jangan biarkan angka ini menipu Anda. Kecepatan CPU ini tidak hanya metrik yang mempengaruhi kinerja komputer Anda. Ada banyak faktor lainnya, seperti arsitektur CPU, ukuran cache dan kecepatan bus yang harus dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang independen. Tidak hanya mengejar kecepatan tertinggi ketika membeli sebuah prosesor. Mengevaluasi semua faktor.

Sejarah generasi komputer

Bayangkan, bahwa komputer pertama diisi seluruh ruangan. Sekarang kita memiliki komputer begitu kecil bahwa mereka dapat menempatkan dalam saku kita. Jelajahi evolusi komputer dan belajar tentang prestasi teknologi yang membuat komputer sehebat mereka.

Multi-Core Processors

Prosesor multi core adalah benar-benar CPU yang memiliki dua atau lebih independen Core. Core mirip dengan prosesor biasa. Mereka jalankan program petunjuk. Keuntungan utama dari multi-prosesor inti adalah bahwa hal itu dapat berjalan menjinakkan beberapa petunjuk pada saat yang sama. Fitur ini meningkatkan kinerja kecepatan secara signifikan. Semua program yang memiliki fitur komputasi paralel dapat berjalan pada prosesor core miskin.

Bagaimana saya dapat menguji kinerja CPU?

Kinerja CPU dapat diuji dengan berbagai standar dan alat-alat. Alat-alat ini menempatkan beban kerja yang berat pada CPU, tetapi karena komputer ‘s keseluruhan kinerja melibatkan beberapa komponen — CPU, RAM, dan prosesor video, antara lain — sangat penting untuk menggunakan pengujian tolok ukur yang mengevaluasi semua komponen ini pada saat yang sama.

Baca juga Perangkat Keras Internal Komputer

Alat ini mencakup seperti Sandra, yang harus dibeli, dan Cinebench, yang dapat didownload secara gratis. Mencari solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Leave a Comment